STRUKTUR
ORGANISASI KOMITE / DEWAN SEKOLAH
SD NEGERI
SD NEGERI
STRUKTUR
ORGANISASI YPI AL-AZHAR
STRUKTUR
ORGANISASI SMA AL-AZHAR
FUNGSI
DAN TUGAS PENGELOLA SEKOLAH
1.
KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah berfungsi dan bertugas sebagai Edukator,
Manajer,
Supervisor, Pemimpin/Leader, inovator, dan Motivator.
A. KEPALA
SEKOLAH
SELAKU EDUKATOR
Kepala Sekolah sebagai Edukator bertugas melaksanakan
proses
belajar mengajar secara efektif dan efisien (lihat tugas guru).
B.KEPALA
SEKOLAH
SELAKU MANAJER
Mempunyai Tugas :
1. Menyusun perencanaan
2. Mengorganisasikan kegiatan
3. Mengarahkan kegiatan
4. Mengkoordinasikan kegiatan
5. Melaksanakan pengawasan
6. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
7. Menentukan kebijaksanaan
8. Mengadakan rapat
9. Mengambil keputusan
10. Mengatur
proses belajar mengajar
11. Mengatur Administrasi, Ketatalaksanaan, Siswa, ketenaga-an, Sarana prasarana,
dan Keuangan
(RAPBS)
12. Mengatur Organisasi Siswa
Intra Sekolah
(OSIS)
13. Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan Ins-tansi terkait
C.
KEPALA SEKOLAH
SELAKU ADMINISTRATOR
Bertugas menyelenggarakan Administrasi :
1. Perencanaan 12. Perpustakaan
2. Pengorganisasian 13. Laboratorium
3. Pengarahan 14. Ruang keterampilan/kesenian
4. Pengkoordinasian 15. Bimbingan konseling
5. Pengawasan 16. U K S
6. Kurikulum 17. O S I S
7. Kesiswaan 18. Serba guna
8. Ketatausahaan 19. Media
9. Ketenagaan 20. Gudang
10. Kantor 21. 7 K
11. Keuangan
D. KEPALA
SEKOLAH
SELAKU SUPERVISOR
Bertugas menyelenggarakan supervisi mengenai :
1. Proses Belajar Mengajar
(PBM)
2. Kegiatan bimbingan dan konseling
3. Kegiatan Ekstrakurikuler
4. Kegiatan Ketatausahaan
5. Kegiatan kerjasama dengan masyarakat
& Instansi terkait
6. Sarana dan Prasarana
7. Kegiatan OSIS
8. Kegiatan 7 K
E. KEPALA
SEKOLAH
SELAKU PEMIMPIN / LEADER
1. Dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab
2. Memahami kondisi
guru, karyawan dan siswa
3. Memiliki Visi dan memahami Misi Sekolah
4. Mengambil keputusan urusan
intern dan ekstern sekolah
5. Membuat, mencari dan memilih gagasan baru
F.KEPALA
SEKOLAH
SEBAGAI INOVATOR
1. Melakukan pembaharuan di bidang :
KBM, BK, Ekstrakuri-kuler, pengadaan.
2.
Melaksanakan pembinaan guru
dan karyawan
3.
Melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya di
KOMITE SEKOLAH dan masyarakat.
G. KEPALA
SEKOLAH
SEBAGAI MOTIVATOR
1. Mengatur ruang kantor yang
kondusif untuk bekerja
2. Mengatur ruang kantor yang
kondusif untuk
KBM/BK
3. Mengatur ruang laboratorium yang
kondusif untuk praktikum
4. Mengatur ruang perpustakaan yang
kondusif untuk belajar
5. Mengatur halaman/lingkungan sekolah yang
sejuk
& teratur
6. Menciptakan lingkungan sekolah yang
harmonis sesama guru
dan karyawan
7. Menciptakan hubungan kerja yang
harmonis antar sekolah dan lingkungan.
8. Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman dalam melaksanakan tugasnya. Kepala Sekolah dapat mencetegaskan kepada
wakil kepala sekolah
2.
WAKIL KEPALA SEKOLAH
Wakil Kepala sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan –kegiatan sebagai berikut :
Menyusun perencanaan, membuat
program kegiatan dan pelaksanaan
program
Pengorganisasian
Pengarahan
Ketenagaan
Pengkoordinasian
Pengawasan
Penilaian
Identifikasi dan pengumpulan data
Penyusunan laporan
Wakil Kepala Sekolah bertugas membantu Kepala Sekolah dalam urusan-urusan sebagai berikut :
a. K U R I K U L U M
Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
Menyusun pembagian tugas guru
dan jadwal pelajaran
Mengatur penyusunan
program pengajaran
(program semes-ter),
program satuan pelajaran dan persiapan mengajar penja-baran dan penyesuaian kurikulum.
Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
Mengatur pelaksanaan
program penilaian kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, dan laporan kemajuan belajar.
Mengatur pelaksanaan
program perbaikan dan pengajaran
Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
Mengatur pengembangan
MGMPP & koordinasi mata pelajaran
Mengatur mutasi siswa
Melakukan supervisi administrasi dan akademis
Menyusun laporan
b.
KESISWAAN
1. Mengatur program
dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
2. Mengatur dan mengkoordinasikan melaksanakan 7 K
(Keama-nan,
Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan)
3. Mengatur dan membina
program kegiatan OSIS
meliputi Kepramukaan, Palang Merah Remaha (PMR),
Kelompok Ilmiah Remaja
(KIR), Usaha Kesehatan Sekolah
(UKS), Patroli Keama-nan Sekolah
(PKS), Paskibra.
4. Mengatur program
Pesantren Kilat
5. Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan Siswa Teladan Sekolah.
6. Menyelenggarakan cerdas cermat, olahraga prestasi.
7. Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapatkan beasiswa.
c.
SARANA PRASARANA
1. Merencanakan kebutuhan prasarana untuk menunjang
Proses Belajar Mengajar.
2. Merencanakan program
pengadaannya
3. Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana
4. Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
5. Mengatur pembukuannya
6. Menyusun laporan
d.
HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT
1. Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan
KOMITE SEKOLAH dan peran
KOMITE SEKOLAH.
2. Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata.
3. Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan sekolah (gebyar pendidikan).
4. Menyusun laporan
3. GURU
Guru bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan
proses
belajar mengajar secara efektif dan efisien.
A. Membuat perangkat pengajaran
- AMP
- Program tahunan /
semester
- Program rencana pengajaran
- Program mingguan guru
- LKS
B. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
C. Melaksanakan kegiatan penilaian
proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ulangan akhir.
D. Melaksanakan analisa hasil ulangan harian.
E. Menyusun dan melaksanakan
program perbaikan dan penga-yaan.
F. Mengisi daftar nilai siswa.
G. Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengeta-huan) kepada guru
lain dalam
proses belajar mengajar.
H. Membuat alat pelajaran / alat peraga.
I. Menumbuhkembangkan sikap menghargai karya seni.
J. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kuri-kulum.
K. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
L. Mengadakan pengembangan
program pengajaran yang
men-jadi tanggung jawabnya.
M. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa.
N. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran.
O. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum.
P. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
6.
PUSTAKAWAN SEKOLAH
Pustakawan sekolah membantu Kepala sekolah dalam kegiatan-kigitan sebagai berikut :
Perencanaan pengadaan buku-buku / bahan pustak/
media elektronika
Pengurusan pelayanan perpustakaan
Perencanaan pengembangan perpustakaan
Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka
media elektronika
Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku dan bahan pustaka/media
elektronika
Melakukan layanan bagi siswa,
guru, dan tenaga kependidikan lainya serta masyarakat
Penyimpanan buku-buku perpustakaan/media
elektronika
Menyusun tata tertib perpustakaan
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
4.
WALI KELAS
Wali Kelas mambantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
A. Mengelola kelas
B. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi :
1. Denah tempat duduk siswa
2. Papan absensi siswa
3. Daftar pelajaran kelas
4. Daftar piket kelas
5. Buku absensi siswa
6. Buku pembelajaran/buku kelas
7. Tata tertib siswa
C. Penyusunan pembuatan statistik bulanan siswa
D. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (Lengger)
E. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
F. Pencatatan mutasi siswa
G. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
H. pembagian buku lapor penilaian hasil belajar
5.
GURU BIMBINGAN DAN
KONSELING
Bimbingan dan Konseling membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
Penyusunan
program dalam pelaksanaan bimbingan konseling
Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi
masa-lah yang
dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
Memberikan layanan dan bimbingan pada siswa agar
lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
Memberikan
saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tetang lanjutan pendidikan dan lapangan perkerjaan yang
sesuai
Mengadakan Penulaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
Menyusun setatistik hasil penilaian bimbingan dan konseling
Menyusun kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
Menyusun dan melaksanakan program tidakl lanjut bimbingan dan konseling
Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling
7.
LABORATORIUM
Pengelola laboratorium membatu Kepala Sekolah dalam kegiatan sebagai berikut
A. perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
B. Menyusun Jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
C. Mengatur penyimpanan dan daftara alat-alat laboratorium
D. Memelihara dan perbaikan alat-lalat laboratorium
E. Inventarisasi dan pengadministrasian peminjaman ala-alat laboratorium
F. Menyusun laporan pelakasanaan kegiatan laboratorium
8.
KEPALA TATA USAHA
Kepala tata usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut
A.Penyusunan
program kerja tata usaha sekolah
B.Pengelolaan keuangan sekolah
C.Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
D.Pembinaan dan pengembangan Karir pegawai tata usaha sekolah
E.Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
F.Penyusunan dan penyajian data
/ statistik sekolah
G.Mengkoordinasi dan melaksanakan 7
K
H.Penyusunan laporan pelaksanaan kegitan pengurusan ketata usahaan secara berkala
LAYANAN
TEKNISI
DIBIDANG
KEAMANAN
(PENJAGA
/ SATPAM)
A.Mengisi buku catatan kejadian
B.Mengantar / memberi petunjuk tamu sekolah
C.Mengamankan pelaksanaan upacara,
PBM, EBTA, EBTANAS dan rapat
D.Menjaga keberisahan pos jaga
E.Menjaga ketengan dan keamanan siang dan malam
F.Merawat perawatan jaga malam
G.Melaporkan kejadian secepatnya (bila ada)
9.
TEKNISI MEDIA
Teknisi
media membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
A.Merencanakan pengadaan alat-alat
media
B.Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan
media
C.Menyusun
program kegiatan teknisi
media
D.Mengatur penyimpanan, pemeliharaan dan perbaikan alat-alat
media
E.Infentarisasi dan pengadministrasian alat-alat
media
F.Menyusun laporan pemanfaatan alat-alat
media
LAYANAN TEKNIS DI BIDANG
PERTAMANAN / KEBUN
(TUKANG KEBUN)
A.Mengusulakan keperluaan alat perkebunan
B.Merencanakan distribusi dan pemila tanaman
C.Memotong rumput
D.Menyiangi rumput liar
E.Memeliharan dan memangkas tanaman
F.Memupuk tanaman
G.Memberantas hama dan penyakit tanaman
H.Menjaga kebersihan dan keindahan taman serta kerindangan
I.Merawat tanaman dan infrastrukturnya (pagar saluran air)
J.Merawat dan memperbaiki peralatan kebun
K.Membuang sampah kebun dan lingkungan sekolah ketempat sampah
KRITIK DAN SARAN
KRITIK
ORGANISASI TERSEBUT YANG MEMAKAN GAJI BUTA YANG ARTINYA MEREKA MENDAPATKAN GAJI TANPA MELAKUKAN KERJAAN YANG SEHARUSNYA DIKERJAKAN.
SARAN
•UNTUK
SEKOLAH NEGERI, SEBAIKNYA SYSTEM SEKOLAH SEPERTI INI MERATA
DI SELURUH INDONESIA KHUSUSNYA DI WILAYAH TERPENCIL.
No comments:
Post a Comment