October 11, 2014

I. ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR UMUM

  1. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah yang terjadi dan berkembang dikehidupan masyarakat sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu pengetahuan tentang manusia dalam lingkungan hidupnya, yaitu mempelajari kegiatan hidup manusia dalam kelompok yang disebut masyarakat dengan menggunakan berbagai disiplin ilmu sosial, seperti sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, dan sebagainya. Ilmu pengetahuan sosial sangat penting untuk mahasiswa untuk mempelajari lebih lanjut tentang kegiatan masyarakat dalam lingkungannya.
  2. Tujuan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial sebagai mata kuliah dasar umum adalah untuk mengatasi masalah-masalah dikehidupan masyarakat karena kita sebagai manusia hidup di lingkungan sosial,
  3. Ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi 3 yaitu: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya
4.    Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial:
a.  Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
b.  Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c.   Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
5.    Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial:
a.  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b.  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c.   Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
6.    Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar meliputi dua kelompok utama yaitu, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri dari psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedangkan yang lainnya terdiri dari ekonomi dan politik. Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. 

No comments:

Post a Comment